Simulasi Istighosah Qubro di PWNU Jatim
Simulasi Istighosah Qubro di PWNU Jatim

Berbagai ikhtiar dan langkah dilakukan Pemerintah Provinsi Jawa Timur dalam menangkal penyebaran virus Covid-19. Ikhtiar secara medik, sosial, ekonomi, juga ikhtiar spiritual sesuai agama masing-masing untuk bisa melakukan penanganan Covid-19. 

Dalam segi ikhtiar spiritual, Pemprov Jatim bersama Forkopimda Jatim dan PWNU mengadakan Istighosah Qubro secara online yang dilakukan bersama 19 masyayikh Jawa Timur. Istighosah Qubro online yang pertama kali diselenggarakan di Indonesia tersebut rencananya akan disiarkan secara langsung melalui TVRI, RRI, Kominfo Jawa Timur, dan 9 televisi lokal pada Rabu (8/4) mulai pukul 19.30 WIB.

“Untuk masyarakat Jawa Timur dan dimanapun berada, maka ikhtiar yang akan kami lakukan bersama dengan 19 masyayikh dan ulama dalam kordinasi PWNU Jawa Timur. Saya mengajak seluruh masyarakat Jawa Timur dan masyarakat yang bisa mengikuti istighostah secara online ini bersama- sama berdzikir mohon kepada Allah agar virus Covid-19 diangkat dari bumi Indonesia dan Jawa Timur pada khususnya. Kemungkinan ini adalah Istighosah Qubro online pertama yang pernah dilakukan di negeri ini,” ajak Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa di Gedung Negara Grahadi Surabaya, Selasa (7/4) sore .

Menurutnya, Istighosah Qubro online ini dilakukan karena untuk menjaga physical distancing. Sehingga dilakukan secara online. Istighosah ini dilakukan dengan penuh keikhlasan, kekhusyukan dan dalam jumlah jamaah yang besar maka cara yang ditempuh melakukan secara online.

“Tentu kami berharap bahwa ada proses diseminasi berikutnya. Ini adalah munajat kita kepada Allah SWT. Kita mohon kepada Allah, semoga doa kita diijabah. Masyarakat Indonesia sehat, Masyarakat Jawa Timur sehat. Dan badai Covid-19 segera diangkat oleh Allah SWT dari Bumi Indonesia dan Bumi Jawa Timur,” harap orang nomor satu di Jatim sambil menjelaskan penyelenggaraan ini bertepatan dengan malam nisfu sya’ban. 

Malam, dimana pada malam tersebut Allah mengiijabah doa-doa hamba-Nya yang mohon pertolongan kepada Nya.

“Mudah-mudahan kebersamaan kita, keikhlasan kita, kekusyukan kita beristighosah secara online dipandu dengan 19 masyayikh dan ulama PWNU Jatim akan menjadi bagian dari pintu pembuka keselamatan dan kesehatan diantara seluruh ikhtiar kita untuk bisa terbebas dari Covid-19 di Indonesia khususnya Jatim,” imbuhnya.

Sementara itu Ketua Tim Kreatif Helmy M Noor menambahkan Istighosah Qubro online adalah baru pertama kali di dunia. "Dan hari ini kita sudah melakukan simulasi Istighosah Qubro online yang bergerak dari tiga tempat. Di PWNU Jatim, Grahadi dan yang ketiga di Ponpes Lirboyo Kediri, sudah disimulasikan semua," ujarnya.

Dia menjelaskan naskah istighotsah juga sudah dishare ke publik. "Jangan khawatir kalau tak mendapatkan naskah Isthigosah bisa melihat di layar. Karena selama Isthigosah berlangsung teks akan muncul di layar," tuturnya.

Helmy juga berpesan kepada masyarakat agar tidak bergerombol. "Tetap jaga jarak dan ikuti isthigosah online dari rumah masing-masing. Apalagi besok tanggal delapan bertepatan dengan Nisfu Sya'ban. Ayo masyarakat bersama dengan masyayih dan gubernur Jatim kita berdoa bersama agar wabah Covid-19 segera dilenyapkan dari bumi khusunya di Jawa Timur," imbuhnya.