Bupati dan dandim duduk bersama didampingi sejumlah tokoh masyarakat Desa Paguan. Foto: Indra Setiawan/BondowosoTIMES

Bupati dan dandim duduk bersama didampingi sejumlah tokoh masyarakat Desa Paguan. Foto: Indra Setiawan/BondowosoTIMES



Setiap pertengahan bulan Ramadan, umat islam di Indonesia memeriahkan malam peringatan Nuzulul Quran. Tujuannya sebagai syiar agama sekaligus memotivasi umat agar intens membaca Alquran, menyelami isi kandungan Alquran dan mengimplementasikannya dalam kehidupan sehari-hari.

Kegiatan itu pun tak terkecuali digelar di Kabupaten Bondowoso. Masyarakat Desa Paguan, Kecamatan Taman Krocok, misalnya, terlihat bersuka cita dan antusias memperingati malam peringatan Nuzulul Quran yang jatuh pada  17 Ramadan di Masjid Baital Amin, Senin (20/5/2019) malam. 

Peringatan ini dihadiri Bupati Bondowoso KH Salwa Arifin dan Dandim Letkol Tarmudji SAg. Hadir pula ratusan warga dan keluarga besar Ikatan Alumni dan Santri Manbaul Ulum (Iktasamu), acara ini dimulai pukul 20.40 dan diakhiri pukul 22.30 dengan susunan acara pembacaan kalam Ilahi, sambutan-sambutan, maui'dhah hasanah (ceramah keagamaan), dan diakhiri dengan pemberian cendera lmata serta ditutup dengan doa.

"Semua agama di dunia ini memilki kitabnya masing-masing. Dan kitabnya umat Islam adalah Alquranul Karim. Selain sebagai mukjizat agung Baginda Nabi Besar Muhammad SAW, Alquran juga berfungsi sebagai guidance atau petunjuk hidup, pembimbing jalan menuju ketakwaan kepada Allah SWT. Bukankah hal ini yang juga menjadi tujuan dari pelaksanaan ibadah puasa, yaitu goal-nya agar kita semua sebagai hamba Allah menjadi manusia yang bertakwa,"  ungkap Letnan Kolonel Tarmudji saat didapuk memberikan sambutan.

Dandim  juga mengajak masyarakat untuk senantiasa cinta terhadap Alquran dengan membaca, menghayati, dan mengamalkan ajaran agama di dalamnya. Itu semua demi tercapainya tujuan puasa, yaitu bertakwa kepada Allah SWT.

"Bila masyarakat Indonesia ini sudah bertakwa semua, maka Allah SWT akan menurunkan berkahnya berupa keamanan dan kemakmuran di suatu negeri. Jika sekiranya penduduk sebuah negeri beriman dan bertakwa, niscaya kami limpahkan berkah dari atas langit dan dari bawah bumi," kata dandim  dengan mengutip Alquran Surat Al-A'raf Ayat 96.

Dalam kesempatan yang lain, KH Salwa Arifin sebagai bupati Bondowoso sekaligus pengasuh Pondok Pesantren Manbaul Ulum berkenan memberikan santunan kepada anak yatim dan cenderamata kepada guru ngaji se-Desa Paguan. Dia sekaligus mengakhiri acara dengan doa.


End of content

No more pages to load