7 Kampus Terbaik di Malang Menurut Kemenristekdikti

Universitas Brawijaya (Foto: ist)
Universitas Brawijaya (Foto: ist)

BONDOWOSOTIMES, MALANG – Mengetahui kampus yang berkualitas tak hanya bisa dilihat melalui ranking Webometrics saja. 

Kementerian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi (Kemenristekdikti) pun juga memiliki versinya.

Tahun lalu, Kemenristekdikti telah mengumumkan klasterisasi perguruan tinggi Indonesia tahun 2018. 

Di sana ada 100 besar hasil klasterisasi Perguruan Tinggi (PT) non-vokasi tahun 2018. 

Perlu diketahui, ada kampus yang masuk dalam ranking Webometrics tapi tidak masuk versi kemenristekdikti, begitu pula sebaliknya.

Direktur Jenderal Kelembagaan Iptek dan Dikti Patdono Suwignjo sendiri mengatakan klasterisasi Kemenristekdikti ini dilakukan untuk memetakan perguruan tinggi Indonesia yang berada di bawah naungan Kemenristekdikti guna meningkatkan mutu perguruan tinggi secara berkelanjutan dalam melaksanakan Tridharma perguruan tinggi.

“Klasterisasi ini juga dapat dijadikan dasar bagi Kemenristekdikti untuk melakukan pembinaan perguruan tinggi dalam rangka meningkatkan kualitas perguruan tinggi di Indonesia, penyusunan kebijakan untuk meningkatkan kualitas perguruan tinggi, serta memberikan informasi kepada masyarakat umum mengenai performa perguruan tinggi di Indonesia,” ungkapnya.

Komponen utama yang digunakan untuk menilai performa perguruan tinggi Indonesia mencakup 5 (lima) hal yaitu kualitas SDM, kualitas kelembagaan, kualitas kegiatan kemahasiswaan, kualitas penelitian dan pengabdian pada masyarakat, serta kualitas inovasi.

Adapun perguruan tinggi non-vokasi yang masuk pada Klaster 1 terurut sesuai dengan skornya adalah sebagai berikut:

1. Institut Teknologi Bandung (3,57)
2. Universitas Gadjah Mada (3,54)
3. Institut Pertanian Bogor (3,41)
4. Universitas Indonesia (3,28)
5. Universitas Diponegoro (3,12)
6. Institut Teknologi Sepuluh Nopember (3,10)
7. Universitas Airlangga (3,03)
8. Universitas Hasanuddin (2,99)
9. Universitas Padjadjaran (2,95)
10. Universitas Andalas (2,88)
11. Universitas Negeri Yogyakarta (2,83)
12. Universitas Brawijaya (2,82)
13. Universitas Pendidikan Indonesia (2,70)
14. Universitas Negeri Malang (2,61)

Nah, berikut ini 7 perguruan tinggi di Malang yang masuk dalam 100 besar hasil klasterisasi perguruan tinggi non-vokasi Kemenristekdikti tahun 2018.

1. Universitas Brawijaya (UB)

Universitas Brawijaya (UB) menempati ranking ke 12 dengan skor 2,82. 

UB masuk ke dalam Klaster 1. Dalam Webometrics, UB menduduki peringkat ke-6 dalam daftar 100 perguruan tinggi terbaik se Indonesia tahun 2019.

UB berhasil menempati urutan ke-2, persis di bawah Universitas Indonesia sebagai kampus terkaya di Indonesia. 

Universitas negeri yang terletak di Jalan Veteran ini meraih kembali akreditasi A dari Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT) menurut SK nomor 328/SK/BAN-PT/Akred/PT/XII/2018 tertanggal 4 Desember 2018.

2. Universitas Negeri Malang (UM)

Universitas Negeri Malang (UM) menempati ranking ke 14 dengan skor 2,61. 

Bersama dengan UB, UM masuk dalam Klaster 1. 

Dalam Webometrics, UM menduduki peringkat ke-40 dalam daftar 100 perguruan tinggi terbaik se Indonesia tahun 2019.

UM sebelumnya bernama Perguruan Tinggi Pendidikan Guru (PTPG) Malang. 

Kemudian berubah menjadi Institut Keguruan dan Ilmu Pendidikan (IKIP) Malang yang membuatnya menjadi salah satu IKIP tertua di Indonesia. 

Universitas negeri yang terletak di Jalan Semarang 5 Malang ini meraih akreditasi A dari BAN-PT menurut SK nomor 240/SK/BAN-PT/Akred/PT/VII/2014 tertanggal 19 Juli ,2014.

3. Universitas Muhammadiyah Malang (UMM)

Universitas Muhammadiyah Malang (UMM) menempati ranking ke 36 dalam dalam 100 besar perguruan tinggi terbaik versi Kemenristekdikti ini. 

Versi Webometrics, UMM menduduki peringkat ke-55 dalam daftar 100 perguruan tinggi terbaik se Indonesia tahun 2019.

Pada tahun 2017, UMM kembali mempertahankan akreditasi institusi A. 

Hal tersebut berdasarkan SK dari BAN-PT bernomor 3289/SK/BAN-PT/Akred/PT/IX/2017.

Kampus putih ini termasuk sebagai kampus swasta terbaik di Jawa Timur lantaran mendapat penghargaan Anugerah Kampus Unggul (AKU) sebanyak 10 kali dan Penghargaan AKU Kartika sebanyak empat kali dari Kopertis VII.

4. Universitas Islam Malang (Unisma)

Universitas Islam Malang (Unisma) menempati ranking ke 69 dalam dalam 100 besar perguruan tinggi terbaik versi Kemenristekdikti. 

Unisma memiliki akreditasi institusi B pada tahun 2018. Hal tersebut berdasarkan SK dari BAN-PT bernomor 2/SK/BAN-PT/Akred/PT/I/2018.

Pada tahun 2008, Unisma mendapatkan predikat Anugerah Kampus Unggulan (AKU) dari Kopertis Wilayah VII sebagai Perguruan Tinggi Unggulan se Kopertis Wilayah VII. 

5. Institut Teknologi Nasional (ITN) Malang

Institut Teknologi Nasional (ITN) Malang  menempati ranking ke 79 dalam 100 besar perguruan tinggi terbaik versi Kemenristekdikti.

ITN Malang memiliki akreditasi institusi B sesuai SK dari BAN-PT bernomor 815/SK/BAN-PT/Akred/PT/VIII/2015.

Tahun 2015, ITN Malang berhasil meraih penghargaan Anugerah Kampus Unggulan (AKU) Predikat Utama dan termasuk jajaran kampus swasta terbaik. 

Perolehan nilaiannya pun cukup tinggi dan menempatkan ITN Malang di urutan ke 8 dari 300 perguruan tinggi swasta di Wilayah VII.

6. Universitas Merdeka (Unmer) Malang

Universitas Merdeka (Unmer) Malang menempati ranking ke 85 dalam 100 besar perguruan tinggi terbaik versi Kemenristekdikti. 

Unmer Malang memiliki akreditasi institusi B sesuai SK dari BAN-PT bernomor 648/SK/BAN-PT/Akred/PT/VII/2015.

Pada tahun 2009 UNMER Malang memperoleh predikat sebagai Perguruan Tinggi Swasta Terunggul di Jawa Timur dalam Implementasi Sistem Penjaminan Mutu Internal dari Dirjen DIKTI, bahkan masuk dalam 50 Indonesian Promising University.

7. Universitas Widyagama Malang

Universitas Widyagama (UWG) Malang menempati ranking ke 87 dalam 100 besar perguruan tinggi terbaik versi Kemenristekdikti. 

Universitas Widyagama memiliki akreditasi institusi B sesuai SK tahun 2016 dari BAN-PT bernomor 2604/SK/BAN-PT/Akred/PT/IX/2016.

Pada tahun 2013, Universitas Widyagama Malang menjadi Universitas Berprestasi dengan ranking ke delapan di seluruh Kopertis Wilayah VII Jawa Timur, atau masuk ranking ke 7 untuk kategori Universitas

Sementara itu, Universitas Islam Negeri (UIN) Maulana Malik Ibrahim Malang yang masuk dalam Webometrics, tidak masuk dalam deretan kampus terbaik versi Kemenristekdikti karena ada di bawah naungan Kementerian Agama (Kemenag). 

Poltekkes Kemenkes Malang pun juga tidak ada dalam daftar ini karena berada dalam naungan Kementerian Kesehatan (Kemenkes).

Pewarta : Imarotul Izzah
Editor : Heryanto
Publisher : Debyawan Dewantara Erlansyah
Sumber : Malang TIMES
-->
Redaksi: redaksi[at]bondowosotimes.com

Informasi pemasangan iklan
hubungi : info[at]bondowosotimes.com | marketing[at]bondowosotimes.com
Top